Visi sekolah merupakan pandangan atau wawasan ke depan yang dijadikan citacita, inspirasi, motivasi, dan kekuatan bersama warga sekolah mengenai wujud sekolah pada masa yang akan datang. Sedangkan misi sekolah adalah pernyataan tentang hal-hal yang digunakan sebagai acuan bagi penyusunan program sekolah dan pengembangan kegiatan satuan-satuan unit sekolah yang terlibat, dengan penekanan pada kualitas layanan peserta didik dan mutu lulusan yang diharapkan oleh sekolah dalam rangka mewujudkan visi sekolah. Selain visi dan misi sekolah,terdapat juga tujuan sekolah. Visi dan misi sekolah diperlukan untuk mencapai tujuan sekolah, Tujuan sekolah adalah capaian kualitas yang spesifik, terukur, dapat dikerjakan, relevan, dan jelas waktu pencapaiannya, dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah. Berdasarkan analisis karakteristik Pendidikan, rapor pendidikan dan riview misi-visi tahun lalu dirumuskan dan ditetapkan visi sekolah kami sebagai berikut
Adapun visi SMA Negeri 1 Teras
Terwujudnya peserta didik berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, berwawasan global dan memiliki karakter peduli lingkungan
Indikator visi dideskripsikan sebagai berikut :
a) Berakhlak mulia
Terbentuknya lulusan yang memiliki akhlak yang mulia mampu memahami ajaran agama dan norma kehidupan serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari;
b) Unggul dalam prestasi
Terbentuknya lulusan yang mampu mengidentifikasi dan mengembangkan, pencapaian prestasi, minat dan bakat di bidang akademik maupun non akademik;
c) Berwawasan global
Terbentunya lulusan yang mampu memiliki mental untuk maju dan berkembang serta berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam peradaban dunia
d) Karakter peduli lingkungan
Terwujudnya lulusan yang peduli dalam pencegahan pencemaran, kerusakan lingkungan dan mampu menjaga kelestarian serta menciptakan kondisi lingkungan
Berikut ini misi SMA Negeri 1 Teras meliputi :
a) Melaksanakan pembiasaan sikap mulia berbasis profil pelajar Pancasila terintegrasi pada seluruh mata pelajaran yang diselenggarakan baik dalam bentuk tatap muka atau dalam bentuk kegiatan projek serta membangun budaya tertib beribadah, kajian keagamaan rutin dan berperilaku akhlakul karimah dengan menerapkan 5S pada peserta didik;
Representasi Visi “Berakhlak mulia”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Beriman, bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia”
b) Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat peserta didik bidang akademik maupun non akademik melalui proses belajar yang manageable berkualitas serta kegiatan komunitas belajar hebat dengan mengoptimalkan potensi keahlian berfikir kreatif dan berfikir kritis;
Representasi Visi “Unggul dalam prestasi”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Bernalar Kritis, Kreatif, dan Mandiri”
c) Membekali peserta didik dengan pengalaman lintas budaya baik nasional maupun internasional dengan tetap berpijak pada jati diri budaya bangsa sendiri;
Representasi Visi “Berwawasan global”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Berkebinekaan global”
d) Mengembangkan karakter peduli, dan bangga atas pengembangan budaya lokal melalui aktivitas sosial, lingkungan, kebangsaan dan kontekstual;
Representasi Visi “Karakter peduli lingkungan”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Bergotong-royong”
e) Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian berkreasi dengan memperhatikan bakat dan minat peserta didik.
Representasi Visi “Unggul dalam prestasi”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Bernalar Kritis, Kreatif, dan Mandiri”
f) Membimbing peserta didik menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, sebagai hasil eksplorasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan tepat guna, sebagai bekal studi lanjut pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
Representasi Visi “Unggul dalam prestasi”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Bernalar Kritis, Kreatif, dan Mandiri”
g) Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal oleh peserta didik melalui matrikulasi, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan kemandirian belajar dan kerjasama dengan orang tua.
Representasi Visi “Unggul dalam prestasi”
Dimensi Profil Pelajar Pancasila, “Bernalar Kritis, Kreatif, dan Mandiri”