SEJARAH SEKOLAH

SEJARAH SMAN 1 TERAS

Blog Single

SEJARAH BERDIRINYA SMA N 1 TERAS



SMA Negeri 1 Teras mulai menerima siswa pada tahun pelajaran 1989/1990. Berdirinya SMA Negeri 1 Teras atas dasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0389/O/1990 tentang Pembukaan dan Penegrian Sekolah Tahun pelajaran 1990/1991. 

Sebelum menempati gedung sendiri yang megah dan asri di Desa Sudimoro, siswa siswi SMA 1 Teras selama kurang lebih 2 bulan melaksanakan kegiatan pembelajaran di SMP 4 Mojosongo (Logerit, Desa Butuh Kecamatan Mojosongo). Pada pertengahan bulan Agustus 1989 dengan berjalan kaki siswa siswi SMA 1 Teras hijrah ke lokasi di Desa Sudimoro sampai sekarang.

Pada awal berdirinya SMA 1 Teras hanya menampung 3 rombongan belajar. Seiring dengan perkembangan jaman dan tuntutan masyarakat SMA 1 Teras kini telah memiliki 18 rombongan belajar. Pada awal berdirinya sekolah ini, SMA 1 Teras diampu oleh guru – guru SMA 2 Boyolali antara lain Drs. Suranto, Drs. Daromi, Drs. Wakimun, Drs. Joko Subandi, Isna Agustiyana, Sri Maryanto dengan dipimpin oleh Bapak Engan Hermanto, BA selaku Kepala Sekolah.

Guru – guru angkatan pertama adalah Drs. Bahran, Drs. Chotman Arief ( pensiun), Satimin BA (sudah pensiun), Drs. Sunardi (Pindah ke SMA 1 Salatiga), Suhadi, BA, Dra. Sudarmin, Kasrini, Yuniyanti (pindah ke SMA 1 Bawang), Bambang Tri Y, Suharti, Pembayun Endah Asri W, Ida Kusumastuti, Drs. Sudibyo, Susilo, Suwarto, Drs. Mjahidi, Ihdati Khoiriyah, Nunuk Dwi Wuryandari, Shobari, M. Bakri (Kepala TU) dan Purwadi (staf TU). Seiring dengan perkembangan jaman jumlah guru terus bertambah dan sampai saat ini tercatat ada 56 guru di sekolah ini yang terdiri dari 48 guru negeri 1 guru bantu dan 7 guru tidak tetap.

Dari sisi sarana dan prasarana SMA 1 Teras senantiasa terus berbenah. Pada tahun-tahun pertama, prioritas utama ditujukan pembangunan pagar keliling. Dalam kurun waktu 3 tahun pembangunan pagar keliling setinggi 3 meter dapat diselesaikan. Setelah pagar selesai pembangunan tempat ibadah menjadi perhatian utama. Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun Masjid SMA 1 Teras berdiri. Setelah itu prioritas ditujukan kepada sarana pembelajaran seperti peralatan lab, lapangan olahraga dan lab. Komputer. Setelah sekiranya cukup, pembenahan dilanjutkan perataan lapangan upacara, pavingisasi dan keramikisasi.

 

Share this Post:

Related Posts: